Container Laboratorium

Kontainer atau peti kemas ternyata memiliki banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari manusia, seiring perkembangan zaman kontainer tidak hanya dapat digunakan sebagai hunian atau rumah tetapi juga disulap sebagai kontainer laboratorium. Mungkinkah sebuah peti kemas menjadi tempat untuk melakukan penelitian?

Jika diperhatikan banyak kontainer di kota-kota besar yang tidak dimanfaatkan dan biasanya hanya menjadi pengisi lahan kosong. Hal ini pun dimanfaatkan beberapa generasi pemikir untuk memanfaatkan kontainer tersebut menjadi tempat yang berguna, salah satunya sebagai laboratorium.

Kontainer memiliki kelebihan yang banyak jika digunakan sebagai tempat berteduh, setidaknya terdapat 4 kelebihan yang dimiliki kontainer. Hemat, praktis, harga terjangkau hingga dapat diletakkan pada area dengan lahan yang sempit.

Kontainer yang digunakan juga memiliki harga jual relatif murah, berbanding terbalik jika dibandingan dengan rumah dengan bangunan konvensional, bahkan bisa menyentuh separuh harga. Misal rumah konvensional dibanderol dengan harga 600 juta maka rumah kontainer bisa didapat 300 juta atau kuang dari itu.

Kontainer ini praktis digunakan untuk laboratorium karena satu kontainer tidak memakan banyak lahan, hal inilah yang menjadikan kontainer lebih mudah dimodifikasi untuk sebuah laboratorium. Berbeda dengan bangunan konvensional, biasanya harus merobohkan salah satu bagian jika ingin menambah ruangan.

Selain itu, bangunan berbahan kontainer juga tidak memerlukan banyak perawatan. Rumah kontainer hanya perlu dicat ulang selama lima tahun sekali, hal tersebut dapat dilakukan berulang kali hingga berusia 50 tahun. Sangat memudahkan jika kebutuhan laboratorium dalam kondisi mendesak.

Laboratorium pada kontainer dapat dibentuk dan disesuaikan seperti yang diiginkan, pada umumnya sesuai dengan pemesanan para pembeli. Ruangan laboratorium dalam kontainer dapat dibuat mulai dari 10 feet, 20 feet, 40 feet atau ukuran lainnya.

Kenapa Kontainer Perkasa ?

Salah satu produsen kontainer untuk laboratorium terpercaya dan sudah terbukti kualitasnya adalah Kontainer Perkasa. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang kontainer, melayani jual dan sewa kontainer terbaik untuk kantor dan dapat dimodifikasi dalam bentuk apapun.

Kontainer Perkasa menyediakan kontainer untuk laboratorium hasil karya tangan para ahli, tenaga profesional yang dimiliki perusahaan menghadirkan laboratorium dambaan para pekerja medis. Peningkatan mutu yang diberikan perusahaan demi mencapai kepuasaan para pelanggan.

Sebagai bentuk nyata pelayanan para pelanggan, beberapa produk laboratorium dari kontainer memiliki spesifikasi yang luar biasa. Spesifikasi yang kami berikan sudah dalam rata-rata terbak di kelasnya. Beriku rincian atau spesifikasi Kontainer untuk Laboratorium Kontainer Perkasa.

  • Kontainer - Rekondisi.
  • Ceiling frame and inside wall frame 40x60mm (Kayu Meranti).
  • Ceiling, wall inside and noise absorder 30mm thick glasswol.
  • Ceiling and wall will be covered with 3mm polypaper.
  • Ceiling corner covered with wood profiled strip.
  • All gaps between polypaper will be covered by alumunium strip.
  • Floor - vynil/keramik.
  • Door - 2 set door, inside layer by polypaper and outdoor.
  • Window - 4 units sliding window with rayben glass and frame by alumunium plus safety bars.
  • Electrical:
  • 1 unitt mounting socket 1 phase.
  • 1 unit MCB box 4 pools by Presto.
  • 4 unit MCB 16A, 16A, 10A, 10A.
  • 6 unit TL lamp 2x36 watt.
  • 6 unit on/off switch.
  • 10 unit receptacles.
  • 2 unit outdoor lamp waterpoof with rain shield.
  • 2 unit exhaust fan

Kontainer laboratorium yang diproduksi oleh Kontainer Perkasa memiliki kualitas yang sudah teruji, dengan biaya relatif murah Anda dapat memiliki hunian laboratorium dengan fasilitas nomor wahid di kelasnya. Selain itu, pilihan bentuk hunian laboratorium juga dapat disesuaikan dengan keinginan pembeli.

Sebelum menjadi tren di Indonesia, pemanfaatan kontainer sebagai tempat yang menghasilkan uang sudah dilakukan di luar negeri, khususnya di Eropa. Banyak kontainer yang dimanfaatkan sebagai tempat bisnis hingga tempat tinggal yang terlihat nyaman untuk digunakan.

Di Jakarta menggunakan kontainer sebagai tempat bisnis sudah menjadi tren, bisa ditemui di banyak tempat penggunaan kontainer-kontainer ini sebagai tempat jualan. Biasanya, konsep ini diberi nama foodtruck, sebuah kontainer yang menjelma tempat makan yang kekinian.

Meski demikian, di Indonesia kontainer yang dijadikan sebagai hunian masih jarang ditemui. Hanya orang-orang tertentu saja yang mau dan memiliki hunian berbentuk kontainer, biaya menjadi salah satu alasan beberapa orang memilih kontainer sebagai hunian.

Pemanfaatan kontainer yang semakin beragam ini tak lepas dari kemudahan yang diberikan kontainer, salah satunya adalah tahan dari guncangan gempa karena memiliki struktur yang unik. Itulah mengapa kontainer dipilih sebagai bahan untuk membangun rumah.

Selain itu, bentuknya yang semi permanen memudahkan para pemiliknya untuk memodifikasi dan memindahkan, bahkan jika dibentuk sebagai rumah, kontainer ini tidak memerlukan Izin Mendirikan Bangunan atau IMB, selain itu dapat juga dibuat kontainer untuk laboratorium.

Sebuah bangunan rumah yang terbuat dari kontainer merupakan termasuk bangunan semi permanen, sehingga dalam proses pembangunan tidak memerlukan izin khusus, salah satu alasan kontainer sangat pas digunakan untuk laboratorium.

Meski demikian, kontainer yang tidak memerlukan bangunan hanya dapat pada bangunan rumah kontainer dengan satu lantai. Jika kontainer dibangun menggunakan tiang pancang, maka diperlukan izin dalam pembangunannya.

Selain itu, kontainer yang digunakan untuk laboratorium juga lebih unggul dalam waktu pengerjaan. Jika bangunan rumah memerlukan waktu 6 hingga 12 bulan dalam pembangunan, maka rumah kontainer yang digunakan untuk lab hanya membutuhkan waktu sampai tiga bulan.

Hunian Kontainer

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa salah satu keuntungan hunian kontainer adalah dapat dimanfaatkan sebagai tempat. Namun selebihnya, terdapat keuntungan yang diberikan dari manfaat yang diberikan bangunan kontainer, berikut beberapa diantaranya.

  • Model ringkas, jika digunakan sebagai hunian dapat dengan mudah pindah lokasi.
  • Berbentuk unik dan tidak memerlukan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
  • Pengguna tidak perlu memikirkan instalasi listrik dan air, karena semua menjadi sentral plug dan instalasi yang dipasang mulai dari pendingin udara, lampu hingga toilet siap digunakan.
  • Harga murah ketimbang bangunan rumah konvensional.
  • Biaya murah dengan spesifikasi sama seperti rumah konvensional.
TOP
WhatsApp chat